pasang iklan murah

Cara Membuat tulisan Berjalan (marquee) Di Blog (Teks Bergerak+)

Cara Membuat tulisan Berjalan (marquee) Di Blog (Teks Bergerak+) merupakan teknik membuat tampilan blog terlihat keren dan tampak responsiv. Itulah sebabnya ini menjadi salah satu trik blogging yang banyak dicari oleh orang yang senang dengan tampilan unik dalam blognya.

Tulisan atau teks berjalan dalam bahas pemrogramannya di sebut juga dengan 'Marquee' sedang teknik penulisannya dalam script atau html blog di tulis dengan Tag Pembuka <marquee>  dan ditutup dengan Tag Penurup </marquee> Jadi, yang saya sampikan ini juga sebenarnya ilmu dasar buat pengguna blogspot maupun wordpress bahwa dalam menuliskan sebuah kode dalam blog selalu perhatikan tag pembuka dan penutupnya. Kalau ada 2 tag pembuka maka demikian juga penutupnya. Sering kali mungkin ada yang bingung kok masih saja error, nah di sini juga kadang jadi penyebabnya. Misalnya saja ketika memasukkan kode  yang diawali dengan pembuka 'div' tapi karena melihat sdh ada yang lain lalu di bagian akhirnya atau tag penutupnya yang tertulis </div> dihapus, nah inilah yang membuatnya error, pada hal ada 2 sebenarnya karena sebelumnya juga sdh ada 2 pembukanya, emikian juga pada tutorial teks bergerak dalam pembahasan kita kali ini.

Di bawah ini akan kami tunjukkan contoh dan juga kodenya dalam membuat tulisan berjalan agar tidak membuat anda bingung. Beberapa yang ditampilkan, misalnya yang bergerak dari bawah ke atas, dari samping, dan yang saling bertolak dan lain sebagainya yang sering kita perlukan triknya.


1.  Marquee menentukan arah datangnya tulisan :

<marquee direction="left">Tulisan Bergerak dari Kiri</marquee>

Tulisan Goyang dari Kiri

Kamu dapat merubah arah munculnya dengan mengganti teks left jadi 'right' agar modelnya datang dari kanan.

2.  Tulisan berjalan tapi bila terkena kursor akan stop

<marquee direction ="left"onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()">Tulisan Berjalan dari Fblogame</marquee>

Teks Bergerak dari Fblogame

Coba kamu kenakan kursor mousenya, maka dengan sendirinya huruf atau tulisannya akan berhenti. Akan tetapi, jika dibiarkan ia akan berjalan lagi seperti awalnya.

3.  Teks  bergerak yang datang dari bawah ke atas

<marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="up" width="50%" height="200" align="center"> Contoh Marquee Gampang </marquee>

Modar-Mandir Tak Karuan

Kode di atas terdiri antara teknik berjalan dari bawah ke atas dan stop jika terkena mouse. Selain itu, tampak 50% tersebut untuk setting labar tempat teks keluyuran (kayak hansip ronda aja) untuk menyesuaikan dengan posisi tempatnya.

4.  Contoh Iklan atau Teks Bergerak yang saling Bertolak

Di bawah ini adalah hasil publikasi sahabat blogger saya yang sudah jago banget dalam dunia permrograman script seperti ini, yaitu Krtutorplus.com

<marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="up" width="100%" height="100" align="center">
<a href="http://caracenter.blogspot.com/">Cara Center</a><br/>
<a href="http://caramaster.blogspot.com/">Pusat Cara </a><br/>
<a href="http://fblogame.blogspot.com/">Menerima Iklan </a><br/>
</marquee>

<marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="down" width="100%" height="100" align="center">
<a href="http://caracenter.blogspot.com/">Cara Pusat</a><br/>
<a href="http://caramaster.blogspot.com/">Raja Cara </a><br/>
<a href="http://fblogame.blogspot.com/">Menerima Iklan </a><br/>
</marquee>

Cara Fblogame
Fb, Blog dan Game
Mau Pasang Iklan Di sini?
Cara dan Tutorial terlengkap
Jagonya Tips dan Panduang
Kami juga Menerima Iklan


Kode di atas menerapkan berbagai trik, di antaranya kamu dapat menentukan lebar gerak dengan menulis persennya, bisa stop jika ditumpuki kursor, terdapat link di teksnya serta sesuai keinginan banyak blogger yang suka kreasi.

5.  Contoh Teks Goyang dengan Background

<marquee bgcolor="pink" style="font-family: Arial; font-size:16px; color: #801c0c;">Kode Marquee dengan Background</marquee>

Contoh Marquee dengan Latar Warna

Tinggal ganti saja jenis hurufnya dan warna yang kamu sukai. Diamping itu, ukuran teks yang muncul juga bisa disetting sesuai dengan kemauan kita jadi semakin keren saja.

Untuk menggunakannya dalam blogmu mudah banget, yaitu cukup kamu terapkan beberapa proses berikut ini :
  1. Masuk ke akun blogspotmu
  2. Pilih menu 'Layout' atau 'Tata Letak' jika menggunakan bahasa Indonesia
  3. Lalu bikin widget dengan klik tulisan biru "Tambahkan Gadget" di bagian side atau header yang mau kamu terapkan Marquee. Bisa di sembarnag tempat yang kamu inginkan. Terkadang jika memakai bahasa Inggris maka teksnya bisa bertulisakna "New Widget" atau sebagainya.
  4. Kemudian cari yang bertuliskan "HTML/JavaScript" dan kilik judul atau tanda tambah (+) disampingnya.
  5. Terakhir, tinggal kamu letakkan salah satu kode tulisan berjalan yang ada di atas. Dan terakhir, 'Save' saja dan beres deh! Tapi ingat, klik dulu html di halaman itu baru di paste karena tidak akan terbaca kalau langsung.
Simple sekali kan, kalau kamu sudah jago otak atik dan bikin keren blog nanti juga akan menguasai triknya. Dan mungkin saja kamu lebih hebat dalam berkreasi nantinya dan juga menshare tutorialnya seperti di atas.
Bagaimana Cara Membuat tulisan Berjalan (marquee) Di Blog (Teks Bergerak+) yang sudah kamu pelajari di atas? Kalau senang share juga ke temanmu linknya dan buat semakin banyak orang paham caraya. Tujuan kami melakukan ini tak lain agar blogger Indonesia semakin maju dan hebat. Baca juga, Cara Membuat FB Baru dan

0 comments:

Posting Komentar

DMCA.com

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner